Selain Kandungan Didalamnya, Penting Mengetahui Tips Memilih dan Menyimpan Mangga dengan Tepat

Mangga menjadi salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang, dengan rasanya yang manis segar dan nikmat. Di Indonesia sendiri mangga sering dikonsumsi secara langsung dengan kondisi sudah matang, selain itu ada pula yang dijadikan sebagai juice, campuran rujak, salad, lotis dan masih banyak jenis camilan enak lainnya. Termasuk dalam jenis buah musiman sehingga mangga hanya ada pada bulan tertentu saja. Ada banyak jenis mangga yang dikenal, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda begitu pula dengan rasa dan aromanya.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Buah mangga tergolong dalam jenis buah yang memiliki kandungan kalori rendah sehingga untuk mereka yang sedang melakukan program diet, ini merupakan salah satu pengganti camilan terbaik. Selain itu ternyata mangga juga menyimpan banyak nutrisi baik yang semuanya diperlukan oleh tubuh. Mulai dari adanya serat 2 gram, 15 gram karbohidrat, 1.5 gram protein, 55 vitamin A, 40 mg vitamin C, 9 mg vitamin E, 45 mg folat, 15 mg kalsium, 15 mg magnesium, 200 mg kalium sampai dengan 15 mg fosfor. Selain itu masih ada kandungan lain pula seperti vitamin B, vitamin K, likopen serta air yang cukup banyak.

Tips Memilih Mangga Tepat

melihat jenis mangga yang ada dipasaran cukup banyak, tentu masing-masing memiliki rasa yang tidak sama. Apalagi jika proses pemanenan tidak sesuai, tidak akan menghasilkan buah mangga yang nikmat dan lezat dikonsumsi. Parahnya lagi bukan hanya mendapatkan mangga yang kurang manis namun hampir busuk yang tidak terlihat pada bagian luarnya. Inilah alasannya kenapa perlu untuk mengetahui seperti apa cara memilih mangga yang tepat. Jangan sampai Anda salah dan merugi karena membeli buah yang tidak bagus. Penasaran seperti apa saja cara membedakan mangga yang berkualitas dan tidak berkualitas, ini tipsnya!

Ada beberapa poin yang bisa digunakan yaitu:

1. Mulai dari mencium aroma mangga.

Umumnya buah mangga yang sudah matang sempurna akan memiliki aroma yang harum, berbeda dengan jenis mangga yang belum matang. Namun jangan sampai memilih mangga dengan aroma yang terlalu kuat karena justru hal itu menandakan mangga sudah terlalu matang dan hampir busuk.

2. Tekstur buah mangga.

Bagian kulit mangga yang masih segar, matang dan berkualitas tentu akan berbeda dengan jenis yang sudah layu atau cacat. Ini perlu untuk Anda ketahui terlebih dahulu, pilih jenis mangga yang lunak namun jangan terlalu lunak karena menunjukkan mangga busuk. Jika sudah lunak artinya siap disantap.

3. Kenali bercak pada mangga.

Untuk masalah yang satu ini tergantung dari varietasnya, umumnya mangga dengan bercak bisa menjadi tanda sudah matang. Namun Anda harus bisa membedakan mana bercak yang matang dan mana bercak yang memar dan membusuk. Agak sulit memang ketika memilih jenis mangga apalagi untuk kulit kuning, hijau dan merah.

Tips Menyimpan Mangga

Selain memilih, menyimpan mangga dengan tepat juga perlu diketahui untuk mempertahankan kandungan baik didalamnya. Jenis mangga yang belum matang bisa disimpan pada suhu ruangan, untuk yang sudah matang bisa kupas, potong lalu masukkan pada tempat tertutup dan kulkas.

Sebenarnya kandungan yang bisa Anda dapatkan dari mangga berkualitas baik, ini harus dipastikan saat membeli. Lebih mudahnya bisa belanja saja di TaniHub, segala jenis buah, sayur dan keperluan dapur lainnya dijamin segar setiap hari langsung dari para petani. Hanya tinggi duduk manis dirumah, pesan, bayar dan langsung diantar dan mendapatkan produk berkualitas.